Ada apa di Kampung Melati Kota Malang?

Dahulu sampai dengan tahun 80-an kampung ini dikenal dengan nama “Kampung Melati”. Terletak di antara Jl. Letjend. Sutoyo dan Jl. Karya Barat, Kel. Purwantoro, Kec. Blimbing, Kota Malang. Atau mungkin lebih banyak yang mengenal sebagai ‘kampung mburine irama’, karena di kampung ini dulunya berdiri sebuah Bioskop Irama yang cukup ramai penontonnya sebagai kelas masyarakat menengah ke bawah.

Kampung Melati ini cukup ramai dikunjungi oleh warga dari luar kampung karena selain untuk menonton bioskop juga kalau pagi hari terdapat ‘pasar krempyeng’ yang juga berlokasi di sebelah Bioskop Irama.

Kampung Melati merupakan sebuah kampung kecil yang berada di pinggir jalur rel kereta api di sisi timurnya. Kalau dahulu orang tua sangat perlu waspada agar anak-anak tidak bermain terlalu dekat dengan rel kereta api, untuk era milenial ini ditambah lagi dengan kewaspadaan agar anak-anak tidak terlalu lama bermain dengan gawai mereka. Untuk itu karang taruna kampung berinisiatif mengumpulkan anak-anak untuk diajak berlatih pencak silat. Gayung pun bersambut. Tidak berhenti sampai disitu. Anak-anak pun tergerak untuk mengumpulkan sampah plastik untuk kemudian di jual ke pengepul yang banyak berada di sepanjang pinggir rel kereta api. Hasil dari penjualan digunakan untuk konsumsi mereka selama berlatih silat dan ditabung untuk dibelikan seragam silat.

Selain daripada itu Karang Taruna berencana untuk mengembangkan kegiatan dengan pelatihan tari tradisisi, belajar melukis dan membuat kerajinan tangan. Untuk yang agak dewasa sudah dimulai dengan pelatihan pembikinan mebel dan wirausaha.

Semoga giat kampung ini dapat berjalan dengan lancar dan terus berkelanjutan.

Reportase : Restu Respati

#gawaiseperlunya
#kampungbergerak
#jaringankampung




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *