Asas Pancasila Kampung Glintung go green

 

Diskusi Kebangsaan di balai Rw peringati hari lahir Pancasila, Warga Kampung Glintung go green 1 Juni 2018.

Lahirnya Pancasila adalah judul pidato yang disampaikan oleh Soekarno dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan) tanggal 1 Juni 1945. Dalam pidato inilah konsep “Pancasila” pertama kali dikemukakan oleh Soekarno sebagai dasar negara Indonesia merdeka.

Pancasila juga merupakan ideologi, pandangan dan falsafah hidup yang harus dipedomani bangsa Indonesia, melalui falsafah ini proses penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta cita-cita proklamasi kemerdekaan diwujudkan.

Ketua RW Glintung Bambang Ir,memaparkan tentang proses geliat kampung glintung

Nah peringatan hari lahirnya pancasila 1 juni 2018  oleh masyarakat bangsa Indonesia dengan cara yang berbeda-beda. warga kampung Glintung go green (3g) atau kampung Konservasi Air kota Malang, lakukan workshop dan diskusi kebangsaan dengan tema ” Refleksi 20 tahun Reformasi” dari jam 20.00 sampai selesai

Kampung yang dimotori oleh Pak Bambang Irianto ini tidak saja sebagai contoh kampung konservasi Air pertama di Indonesia, tapi juga sebagai kampung Pancasila yang memberi edukasi, motivasi dan semangat Gotong Royong bagi masyarakat Indonesia dan Dunia.

Sebagai pemantik diskusi ada Prof. Melani Budianta dari UI bersama Team, Prof. Dr. Maskuri, M.Si, Rektor Unisma, Ki Djati Kusumo, Dalang muda Ki Ardi dan beberapa tokoh lainnya. selingan dari diskusi kebangsaan di isi Puisi dari peserta dan Group musik Kotean Cempluk.

Kelompok kotekan cempluk dari karang taruna kampung cempluk (foto: imam muslich)

Inti dari diskusi ini lebih pada Nilai-nilai Pancasila yang harus diimplementasikan mulai dari kampung yakni Bergotong Royong, menjaga Kerukunan, Ketentraman untuk  membangun dari kampung sehingga tercapai kesejahteraan sosial dan kehidupan bangsa Indonesia yang BAHAGIA.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *