Kehidupan Bangsa ini harus musikal…..

belentung bamboo

Pengenalan alat musik bambu kepada anak anak SD IT di sanggar konser kampung jati tujuh Jabar

Pentingnya pengenalan bebunyian yang berbasis musik sangat diperlukan pada anak-anak usia dini,karena melalui bunyi dengan media musik ini dapat menstimulus unsur-unsur psikologi anak menjadi lebih peka terhadap hal apapun terutama interaksi di lingkungannya.

Seperti yang di lakukan komunitas kampung konser jati tujuh ini,komunitas ini selalu membuka ruang untuk wahana pendidikan berbasis luar sekolah ,bahwasannya melalui bermain dengan bunyi bunyian mereka percaya akan selalu mengasah kepekaan serta kepedulian antar sesama. Komunitas Kampung konser Jati tujuh ini terletak di daerah Jawa Barat, kehidupan kampung ini sangat kreatif, terutama dalam mengolah bamboo yang dijadikan media/instrument musik, seperti gitar,alat perkusi,tiup dll, dan juga mereka juga membuat kaos dari serat bamboo.

Bisa bayangkan jika kesadaran ini muncul dari seluruh kampung di nusantara untuk mengenalkan bunyi akar rumput melalui media musik maka bangsa ini akan menjadi Bangsa yang Musikal,yang tentunya bukan bangsa yang Fals.

 

Penulis: Redy Eko Prastyo

foto : Paisal Nugraha

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *