Bedah Buku “Meniti Arus Lokal-Global: Jejaring Budaya Kampung”

BEDAH BUKU “Meniti Arus Lokal-Global: Jejaring Budaya Kampung”

Buku Original
Judul: Meniti Arus Lokal-Global: Jejaring Budaya Kampung
Editor: Prof. Melani Budianta dan Dr. Dhita Hapsarani
Tebal: 224 hlm.
Penerbit: Infermia Publishing

“Meniti Arus Lokal-Global: Jejaring Budaya Kampung” adalah karya para pegiat kampung yang dihimpun oleh Melani Budianta dan Dhita Hapsarani, berisi tentang proses inovasi dan penguatan jejaring antarkampung. Buku ini tidak dijual untuk kepentingan komersial, jika Anda ingin memiliki buku ini, Anda cukup mengganti biaya cetak sebesar Rp.37.500.


Sinopsis
Ketika kota melupakan ingatan budaya, mulai hidup tersekat-sekat, saling curiga dan tidak peduli, gerakan budaya kampung dan dusun menawarkan ruang sosial yang berbeda; terbuka, multikultural, guyub, dan penuh keriaan melalui aktivitas seni-budaya yang berbasis pada komunitas masing-masing. Pendekatan yang dilakukan adalah pembelajaran berbasis komunitas, bukan kebijakan yang diturunkan dari atas dan dibuat seragam. Dengan memetakan sumber daya dan masalah di kampung bersama warga, kampung-kampung mencari peluang untuk mengolah potensi budayanya yang terbaik.

Buku ini menghimpun 18 refleksi dan pengalaman pegiat kampung serta inovasi sosial yang mereka lakukan, termasuk pengalaman membangun jejaring antarkampung. Program Sonjo Kampung menjadi peluang untuk saling mendukung dan belajar dari pengalaman kampung lain. Jejaring budaya kampung merupakan suatu gerakan yang meniti arus budaya lokal dan global tanpa harus hanyut. Tantangannya adalah bagaimana kampung-kampung dengan cekatan memanfaatkan teknologi dan media untuk terus mengolah yang lokal tanpa menjadi konservatif dan tertutup, membuka dialog lintas budaya tanpa tertaklukkan oleh budaya lain.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *