Bicara Pancasila adalah Bicara Indonesia

Japungnusantara.org.Bicara tentang Indonesia adalah bukan tentang kota sebab ini adalah diksi baru, justru bicara kampung adalah bicara Indonesia.

Strategi membangun kampung tiap wilayah akan berbeda terutama jika yang melakukan oleh pemuda, seperti karang taruna hanya aktif dan merdeka dalam bulan Agustus dan event tertentu yang melulu memiliki nilai ekonomi atau transaksional, meski tak semua.

‘Dikasih makan mangap, jika tidak diberi maka tidur’

Kampung harus keluar dari konflik of interest agar tak memiliki kepentingan dan tak perlu panggung khusus. Sebab membangun kampung adalah pekerjaan holistik dan organik (alami). Penggunaan bahasa dalam komunikasi sosial di kampung sebaiknya menggunakan bukan saya atau aku tapi harus berbahasa kita atau kami.

Bukan lagi bicara soal kampung saya, kampung kamu tapi bicara tentang kampung kita, karena bicara kampung adalah bicara Indonesia.

Narasi kampung akan kuat jika mampu mengulik sejarah sebagai perbendaharaan sejarah dengan berbagai pendekatan untuk menggali masa lalu melalui berbagai kajian ilmu pengetahuan.

Mari mulai dengan hidup bahagia. Tanpa pernah berpura-pura.

bersama para pembakti kampung dari flores timur

Reportase : Ira Kampung Muara Gembong Bekasi

diacara Persamuhan Pembakti Kampung Se Indonesia 27 oktober 2019 banten anyer