Catatan warung kopi pojok kang HH # Seri Logika 1

Catatan warung kopi pojok kang HH  # Seri Logika 1

 

Oleh Hendra Hendarin

logika#1

Urusan makan atau tidak makan itu urusan remeh. Urusan manusia tidak setara dengan urusan ayam; sehari-harinya cuman cari sepatuk dua patuk makan.

Urusan makan atau tidak makan juga bukan urusan kehormatan yang musti melibatkan isu “hormat-menghormati”; apalagi urusan kewibawaan agama, plis deh jangan lebay.

Urusan besar manusia adalah urusan Nafs, yang kaitannya dengan keserakahan akan hormat, lebay dan kegeeran akan harga diri, nafsu akan pengaruh dan kekuasaan, nafsu akan tindakan bully atas mereka yang tak bisa Anda atur dan kendalikan, merasa diri atau kelompoknya superior, dll.

Puasa adalah belajar mengendalikan Nafs, yang erat kaitannya dengan ego dan emosi, bukan cuman terkait dengan urusan remeh seperti nasi.

Mengait-eratkan puasa dengan hanya makan minum adalah upaya degradasi dan pengecilan nilai shaum, seolah urusan manusia hanya persoalan makan saja, seperti ayam.

Urusan manusia adalah mengendalikan nafsu dan keserakahan sehingga dapat saling berbagi, yakni berbagi Rahman dan berbagi Rahim.

Bukankah inti Al-Quran berada pada aspek Rahman dan Rahim, bukan Tempe dan Kangkung?

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *