Festival Kampung Bago Besuk-Probolinggo 2016

kampung Bago

Desa Bago/kampung bago merupakan kampung bagian selatan timur dari Kota Probolinggo. Kampung Bago secara administratif masuk kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo Jawa Timur.

Kehidupan Masyarakan Kampung Bago ini berbasis Agraris,dimana basis pertanian menjadi titik utama dalam pola kehidupan mereka. Bago merupakan kampung yang sangat luar biasa potensi alamnya,namun masih belum diketahui publik, karena bukan sebagai focus yang lazim disebut titik destinasi wisata, yang kita ketahui secara mainstrem demikian.

Tetapi luar biasanya,ada geliat pemuda pemudi Kampung Bago ini untuk menjadikan ruang kampungnya sebagai kampung yang berbudaya berbasis agraris,dengan menggeliatkan potensi – potensi kebudayaannya diantaranya akan membuat program HARI RAYA KEBUDAYAAN KAMPUNGNYA dengan gelaran FESTIVAL KAMPUNG BAGO.

Dengan Inisiasi dari para pemuda pemudi  dikampung Bago ini,bermunculan para pembakti di kampung mereka akan kesadaran bahwa kampungnya mempunya potensi strategis,terutama dengan spirit berkebudayaan,selain potensi alamnya yang subur.

Dalam hal ini,mereka mulai menginisiasi membangkitkan kantong2 muda mudi dengan menghidupkan kembali KARANG TARUNA kampung bago tersebut.Para pembakti muda kampung bago mulai bergerilya,mereka melakukan sonjo kampung ke kampung2 di jawatimur, untuk saling berbagi IDE dengan pembakti-pembakti kampung yang lain,sehingga mereka merasa tidak sendirian dan berjejaring dalam geliat kampung-kampung di nusantara.

FESTIVAL KAMPUNG BAGO ini berjejaring dengan JARINGAN KAMPUNG NUSANTARA ( JAPUNG NUSANTARA) dimana jejaring ini adalah jejaring para pembakti-pembakti kampung secara individu yang mempunyai komitmen bersama, bagaimana menghidupkan kampung-kampung di nusantara menjadi sebuah ruang yang produktifmkreatif serta kuat dengan landasan spirit berkebudayaan.

Dengan adanya Festival ini sebagai media pengikat spirit kebersamaan kegotoronyongan terutama para muda mudi kampung bago,berharap menjadi Program yang mempunya impact secara masif, terutama tentang pentingnya ruang kampung sebagai LUMBUNG IDE bagi warga dan masyarakat Kampung Bago.

Dalam festival ini akan banyak dihadiri para pembakti-pembakti kampung dinusantara, seniman,budayawan,akademisi serta interdisplin ilmu yang akan BERSINERGI dalam sebuah momentum Hari raya kebudayaan Kampung Bago ini.

NaraHubung: Fajar Satriyo Bangun Wibowo

WA : 085234879759

AYO DATANG…DAN APRESIASI PROGRAM KEBUDAYAAN KAMPUNG BAGO DALAM ” FESTIVAL KAMPUNG BAGO 2016 “




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *