Jangan Kapok (Menjadi) Indonesia

Salam Bahagia. .
.
Japungnusantara.org. Kita tidak sedang mencari jawaban sebab kita belum memulai untuk bertanya. Maka kita terbiasa dan ‘nglonthok’ dengan istilah Pancasila sejak kecil. Beda dengan era sekarang yang sudah sulit mencari nilainilai luhur Pancasila sebab generasi kini tak diperkenalkan sama sekali. .
.
Program seni pertunjukan yang akan dilakukan di beberapa kota dengan belajar menjadi Indonesia dengan mengenalkan dan mengangkat seni dalam berbagai sisi kekuatan yang ada di wilayah Indonesia. .
.
Mengelola dan menyelamatkan padepokan seni Bagong Kusumodiardjo (alhm) dengan melakukan pendekatan konsep ‘mikul nduwur mendem njero’ agar bisa langeng sepanjang masa. .
.
Melestarikan tarian klasik keraton, alhm merevolusi diri dari konsep ketat yg memiliki pakem klasik dengan tehnik seni tari sederhana hingga melahirkan seni tari kontemporer atau kreasi baru yang mudah dipelajari setiap orang. .
.
Tari Pangeran Jayakarta dicomot sedikit untuk kemudian dikembangkan dalam tari Yapong sebagai tari kreasi baru dan tak terjebak fanatisme dengan membuka ruang dialog dan seni mencipta. .
.
Beta Maluku berhasil keluar dari jebakan fanatisme masa RMS ketika dilagukan kembali dalm sebuah konsep seni pertujukan dalam Indonesia Kita bersama Glen Fredli. .
.
Percaya bahwa Indonesia harus bergerak dan kebaikan harus dilakuka secara kolektif berkesinambungan untuk melahirkan kemampuan menjaga dan merawat kekuatan luarbiasa yang dimiliki interaksi antar etnik di Indonesia.
.
.
Banyak membuka ruang dialog dan seni pencipta di berbagai bidang pengetahuan meski pun dilakukan dengan cara membaca yang berbeda. .
.
Maka hanya kekuatan sikap tulus, memaafkan dan bahagia yang mampu melahirkan Pancasila.
.
.
Cc. @goyoung62 .
Reportase oleh ; Ira Pembakti Kampung Muara Gembong Bekasi
#ceritapancasila
#ceritabudaya
#ceritaindonesia
#jaringankampungnusantara




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *