JAPUNG BERGIAT MENULARKAN VIRUS GOTONG ROYONG ALA SONJO KAMPUNG II

borobudur 2

Sonjo Kampung Tahap 2 dilaksanakan pada 3-7 November 2016. Pertemuan Sonjo Kampung pada hari Kamis, 3 Nopember 2016 dilaksanakan pada jam 19.00 di Desa Bahasa Parakan Ngargogondo Borobudur.

Pertemuan ini dihadiri Kades dan Kadus Ngargondo, aktifis Pesona Magelang, Deputi Meneg BUMN, Dirut TWC, Dirut ITDC, Dirut Patra Jasa, dan Tim Sonjo Kampung: Trie Utami, Redy Eko Prasetyo, Indro Kimpling Suseno, Jatmiko, Hani Desa Bahasa .

Sonjo Kampung Tahap 2 dilaksanakan pada 3-7 November 2016. Pertemuan Sonjo Kampung pada hari Kamis, 3 Nopember 2016 dilaksanakan pada jam 19.00 di Desa Bahasa Parakan Ngargogondo Borobudur.

img-20161108-wa0070Pertemuan ini dihadiri Kades dan Kadus Ngargondo, aktifis Pesona Magelang, Deputi Meneg BUMN, Dirut TWC, Dirut ITDC, Dirut Patra Jasa, dan Tim Sonjo Kampung: Trie Utami, Redy Eko Prasetyo, Indro Kimpling Suseno, Jatmiko, Hani Desa Bahasa .

Kegiatan Sonjo Kampung kali ini menampilkan paparan Bambang Irianto Ketua RW 23 Kampung Glintung yang sangat luar biasa inspiratif. Beliau menggambarkan sosio-enginering masyakarat  dari kondisi minus: kumuh,banjir,narkoba, rawan kejahatan yang terjadi sebelum adanya gerakan perubahan. Oleh prakarsa sang Ketua RW, lingkungan kampung berhasil berubah menjadi Kampung Go Green yang mandiri dan percontohan bagi orang asing dan banyak pihak.

Penyampaian paparan pak Bambang Irianto-Ketua RW Kampung Glintung Malang mampu membakar semangat para penggiat dan warga untuk secara mandiri, swadaya, dan bergotong royong meraih kemakmuran bersama.

Kegiatan Sonjo Kampung tahap 2 ini kemudian dilanjutkan dengan santap siang di tengah desa Wisata Banbu Klathakan, Ringin Putih.

img-20161108-wa0104Di hari selanjutnya, Jumat, 4 Nop 2016 Tim Sonjo Kampung bersama Kades dan para penggiat kegiatan seni budaya wisata mengunjungi Pos Mati – sebuah bukit kecil yang memiliki sejarah sebagai tempat gerilya Pangeran Diponegoro dan salah satu titik sangat indah untuk menyaksikan Sunrise berlatar belakang Candi Borobudur, Gunung Merapi & Merbabu, Gunung Sumbing & Sindoro. Lokasi ini sangat potensial untuk dikelola sebagai destinasi wisata baru yang nantinya dapat mengembangkan areal perkampungan di sekitar Borobudur.

Pada Sabtu, 5 Nop 2016 mulai pukul 11.00, tim Sonjo Kampung yaitu: Trie Utami, Redy Eko Prasetyo, Bachtiar Djanan dan teman teman Tim Bakti Budaya Borobudur berkunjung ke Balai Desa Kembang Limus diterima Kepala Desa dan perangkat Desa. Disinilah para penggiat Sonjo Kampung menebarkan berbagi virus Gotong Royong untuk menyukseskan Hari Raya Kebudayaan Borobudur.

img-20161108-wa0089Tim Sonjo Kampung juga menyentuh generasi muda dengan bertemu adik-adik Pramuka Borobudur pada Minggu, 6 Nopember 2016. Pertemuan ini bertujuan memberikan motivasi kemandirian diri dan kepercayaan diri. Sonjo Pramuka menjadi temuan baru untuk penyebaran virus Gotong Royong bagi generasi muda.

 

 

Rangkaian kegiatan Sonjo Kampung tahap 2 diakhiri pada Senin, 7 Nop 2016 dengan mengunjungi  Desa Majaksingi.

img-20161108-wa0106Diharapkan kegiatan ini akan makin membardayakan kampung-kampung di sekitar borobudur untuk makin yakin terhadap potensi sumberdayanya dan bergotong-royong untuk memakmurkan lingkungannya sebagaimana visi utama dari Hari Raya Kebudayaan Borobudur 2016.

sumber info reportase dari portal BCF




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *