JAPUNG NUSANTARA MENGETUK PINTU PERADABAN 2017

JAPUNG NUSANTARA MENGETUK PINTU PERADABAN 2017
19-20 Januari 2017 Kota Batu Selecta – Jawa Timur

temu pembakti japung,Kota batu Jatim 22 januari 2016

Bertemu para pembakti Japung dari berbagai penjuru seperti : Jakarta,Bekasi, Bandung, Magelang, Jogja,Malang, Besuki, Situbondo, Jember, Banyuwangi, Ponorogo, Bago, Bali, Buntoi & Tenggarong Kalimantan dll.,  di Batu Malang,, bak bertemu teman sepermainan di padang rumput hijau di bukit nan sejuk. Penuh ekspresi,gerak tubuh,celoteh,candaan dalam suasana paseduluran.
Tanpa sadar kita tak memikirkan latar belakang profesi , pangkat dan jabatan kita masing-masing. Kita menikmati sebagai manusia dengan segala kelebihan dan kekurangan seutuhnya tanpa tersekat dan terkotak oleh apapun.
Ulang Tahun ke 1 Jaringan Kampung Nusantara,sebuah komunitas pembakti budaya tanpa bentuk formal dirayakan secara gotong royong tanpa panduan teknis rinci tapi justeru berkesan mendalam.

Gotong Royong dipandang dari sudut ‘rangkaian kata’   masih sangat populer keberadaannya,hampir setiap kesempatan kita masih mendengar kata itu. Tetapi dari sudut ‘laku lelaku ‘  ternyata makin terpinggirkan dihadapan  250 jutaan warga Nusantara.
Gotong Royong adalah pitutur Agung warisan leluhur bangsa ini.
Ketika kita mampu mewujudkan kembali Gotong Royong dalam laku lelaku warga bangsa maka Gotong Royong akan menjadi Benteng Pertahanan Bangsa dan sekaligus akan menjadi Senjata Pamungkas melawan para perusak jati diri bangsa Nusantara yang mengakibatkan kita selalu terjajah dan jauh dari kemakmuran serta kercerdasan.

Para  pembakti Japungers mungkin memang dititahkan takdir hidupnya oleh Sang Maha Pecipta untuk turut melahirkan kembali Gotong Royong di era peradaban baru ini.
Para pembakti Japungers penggiat Gotong Royong yang memiliki ‘jam terbang’  membaktikan diri kepada lingkungan tanpa pamrih,tanpa mementingkan diri sendiri , terkumpul saling bertemu dengan sendirinya tanpa ada perintah tertulis dari siapapun.
Intruksi utama dari lubuk hati yang bergerak menuntun ke suatu tempat pertemuan yang misterius.

Gotong Royong menjadi berbahaya ketika menjadi judul proposal , untuk kepentingan pribadi ,kelompok dan berujung material. Sangat mungkin saat ini banyak pihak yang memanfaatkan Gotong Royong untuk kepentingan sempit. Ini juga bagian dari tanggung jawab para pembakti Japungers untuk mencegah serta mengingatkan bagi para pihak yang melakukannya.

Pembakti Japungers :

Meminggirkan ego dan ke aku anya

Memahami dan menjiwai ruh Gotong Royong Nusantara

Mengutamakan kepentingan orang banyak dalam kegiatan  bakti budaya Gotong Royong

Mendermakan pikiran,tenaga,harta dsn kekayaan

Menggalang kekuatan budaya Gotong Royong

Memiliki kemampuan melangkah nyata daripada sekedar berbicara

Menjaga laku lelaku hakekat budaya Gotong Royong

Melakukan bakti budaya Gotong Royong tanpa harapan atas tepuk tangan khalayak dan pengakuan

Mengerjakan semuanya dengan cinta, riang hati , iklhas ,jujur dan  suka cita

Kadang di awal terlihat rumit tapi bisa dilakoni,terlihat ruwet tapi bisa di uraikan ,terlihat  kacau tapi ada penyebabnya, terasa gelap tapi ada titik terang , terasa berat ternyata berubah menjadi  ringan . Semuanya akan bermanfaat  jikalau dijalani ,dilakoni , dilalui , di tandhangi , di hadapi dan di kerjakan.

Di atas kereta Bima jurusan Malang – Jogja, memandang ke luar jendela tertampak semakin banyak banguan tak layak huni yang menjadi tempat tinggal saudara kita.
Pembakti Japungers bisa menyebarkan virus goyong royong masyarakat kawasan pinggir rel kereta untuk  membangun lingkungannya. Ini contoh kecil dari banyak masalah.Nagari Nusantara yang dapat dicari jalan keluarnya melalui Gotong Royong.

Selamat Ulang Tahun.Japung !
Terima kasih telah memberi ilmu dan jejaring baru ! Hidup Japung ! Gotong Royong pitutur Agung – Guyub Rukun Gemah Ripah Loh Jinawi – Jayaning Nusantara – Amargo Laku Lelaku ! Bagaimana mungkin kita maju dan sejahtera jika kita tercerai berai. Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh. Nusantara bergandeng tangan,satukan nalar,batin dan langkah dalam Gotong Royong ..inilah satu-satunya jawaban dan jalan kita  meraih Kejayaan Nusantara.
Hidup Gotong Royong.!

22 Januari 2017
KRMT Indro Kimpling Suseno




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *