Kampung sebagai Lumbung Ide

Japung Nusantara.org. Kampung Berbagi ide/silahturahmi Japung, dilaksanakan Tanggal 13 april 2016 malam di Kelurahaan Kampung Temenggungan Banyuwangi, Malam itu merupakan momentum yang luar biasa dari warga dan para perangkat Temengggungan. Mengapa demikian..??? karena warga Temenggungan kedatangan sedulur tamu dari kampung Glintung Go Green Kota Malang. Dalam Ajang silahturahmi dari Jaringan Kampung Nusantara yang di kemas sederhana tapi syarat makna, kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian program Kampung Berbagi Ide, yang tujuannya yaitu berbagi , sharing ide serta bersilahturahmi antar kampung nusantara.

japung

Pak Bambang Iriadi dari kampung Glintung Malang, Berbagi ide di pendopo kelurahaan kampung Temenggungan Banyuawangi. Foto B.Djanan

Pak Bambang Iriadi selaku Ketua RW dari Kampung Glintung Go Green Kota Malang, berbagi ide tentang bagaimana membangun Kampung Glintung Go Green secara mandiri,Prinsipnya adalah seperti lagu Indonesia raya: Bangunlah jiwanya,bangunlah badannya,Bukan tergantung pada Fisik,Tapi bagaimana merubah mindset warga. Selain itu Pak Bambang juga berbagi ilmu dan wawasan tentang konsep kampung hijau di Kampung Glintung Go Green Kota Malang.

Acara berlangsung gayeng,dimana warga Temenggungan diwakili oleh beberapa tokoh serta warga temenggungan di padepokan kelurahan temenggungan,suasana guyub,saling asih mendasari akan pentingnya sinergi kampung-kampung dinusantara ini,sehingga dapat menjadi ruang yang sehat baik secara jasmani dan rohani dengan memegang kesadaran berkebudayaan.

Ayo kampung-kampung yang lain,bangun sinergi,budayakan sikap berbagi,baik ide,tenaga,pikiran untuk ruang-ruang kampung-kampung di nusantara. langkah kecil ini harapannya menjadikan KAMPUNG SEBAGAI LUMBUNG IDE.

sumber foto: Bachtiar Djanan




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *