Kampung Tani Organik Plaosan Kota Malang

Kota Malang bukan hanya sebagai Kota Pendidikan, tetapi kota Malang bisa dijuluki kota seribu kampung DARLINGBUD ( sadar Lingkungan dan Budaya ) karena bisa kita lihat geliat kampung-kampung yang berbenah bagaimana merawat kampungnya dengan sebuah gerakan sadar lingkungan dan budaya menjaga kearifan lokalnya menjadi sebuah kebanggan serta LELAKU ( Budaya ).

whatsapp-image-2016-11-13-at-00-14-32

Kerja bakti GOTONG ROYONG, sudah menjadi lelaku di kampung plaosan

Bagaimana lingkungan kampungnya menjadi lingkungan yang sahat,layak huni,nyaman sebagai ruang berkreatifiatas menuju liangkungan yang kaya lumbung Ide.

Kampung Tani Organik Palosan , Terletak tidak jauh dari Kampung Glintung Go Green, Kampung Plaosan merupakan kampung yang dikepung perumahan-perumahan layak nya kampung-kampung kota dengan gang-gang sempit dan ada sebuah lahan kosong,dimana lahan tersebut bakal menjadi Real State yang udah di siapkan pengembang atau investor dan warga tidak bisa membendung hal-hal yang demikian karena sudah menjadi kepemilikan pengembang.

Tetapi sebelum lahan tersebut dibangun,warga berinisiasi untuk memfungsikan lahan itu sebagai lahan tanam hijau,semacam sayur sayuran.

Sinergi Antar Kampung,kampung Plaosan dan kampung Glintung Go Green

Sinergi Antar Kampung,kampung Plaosan dan kampung Glintung Go Green

seorang inisiator dari kampung Tani Organik ini, SAM EKO ,dia mencoba untuk menghubungi Pak Bambang Irianto ( Ketua RW 23 Kampung Glintung Go Green) dengan sonjo kampung kesana. Terjadilah diskusi yang bersinergi,Sam Eko dan warga Plaosan mencoba belajar dari Kampung Glintung bagaimana menjadikan kampungnya menjadi kampung kota yang produktif berbasis lingkungan Hijau.

kunjungan Didik Nini Towok di Kampung Plaosan bersama Kader DARLING ( Sadar Lingkungan)

kunjungan Didik Nini Towok di Kampung Plaosan bersama Kader DARLING ( Sadar Lingkungan)

Dari pola sonjo kampung inilah akhirnya terjadi sinergi antar dua kampung ini,mereka saling berbagi gagasan dan saling berbagi ide.yang kemudian geliat kampung Plaosan mulai menemukan ritmenya,dengan membangun kesadaran dan pola pikir masyarakatnya ,bagaimana lingkungannya menjadi sebuah kawasan yang betul-betul menyehatkan,sehingga bakal menjadikan kwalitas anak-anak di plaosan menjadi manusia Indonesia yang berkwalitas.

dari dua contoh kampung diatas,inilah pembuktian pentingnya SONJO KAMPUNG saling berbagi ide, bergagasan ,berbgai semangat untuk sama2 bergeliat, BUKAN SALING BERKOMPETISI…Semoga Kampung-kampung di nusantara bangkit bergeliat menjadi RUMAH yang SEHAT JASMANI,PIKIRAN dan ROHANI nya.

Sebuah Film tentang Sekilas Profil Dari Kampung Plaosan




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *