Kampung Glintung Malang

glintung malang glintung malang

Kampung perkotaan RW 23, Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur, berada pada jalur utama dan jalur perekonomian, lebih dikenal dengan sebutan “Glintung”. Meski letaknya strategis, karena dilintasi jalur utama perekonomian, namun belum mampu mengimbangi perkembangan ekonomi Kota Malang. Masyarakatnya pun masih menganut gaya hidup perkampungan.

warga-glintung-300x130

Banjir, Langganan diwoiayah glintung setiap musim hujan

Tanpa mengindahkan definisi akademik dari kata perkampungan, ciri utama masyarakatnya adalah guyub. Keinginan untuk mempertahankan corak perkampungan dan nilai-nilai yang biasa berkembang di kampung itu, ternyata tidaklah mudah mengingat posisinya yang justru di tengah kota. Gaya dan corak modern perkotaan juga menjangkit di masyarakat.

Sampai tahun 2011, Glintung masih menghadapi problem rawan banjir, ruang terbuka hijau yang rendah (<5%), angka kriminalitas tinggi, jumlah pengangguran tinggi, dan tingkat kesehatan warga yang rendah. Selain itu, wilayah Glintung tidak memiliki unggulan dari sisi ekonomi, sosial, dan budaya atau identitas kebanggaan bersama. Kondisi yang demikian menyebabkan dinamika sosial masyarakat Glintung cukup rendah. Potensi yang dimiliki pun tidak dapat dikelola dengan maksimal, sehingga kehidupan bermasyarakat cenderung menurun sejak tahun 1990an. Kepadatan penduduk dan transportasi memaksa per­tum­buhan bangunan tidak seimbang dengan pertum­buhan penghijauan sehingga mengakibatkan buruknya kua­litas udara dan sanitasi air.

INFO DETAIL KAMPUNG GLINTUNG KLIK DISINI