Kewatek Waibalun untuk Indonesia

 

Kewatek Waibalun untuk Indonesia

Japungnusantara.org. Kewatek itu kain tenun khas Ata (baca: manusia) Lamaholot Waibalun. Kewatek itu kain tenun yang ditenun oleh mama-mama Ata Lamaholot Waibalun. Kewatek itu kain tenun yang menenun kehidupan Ata Lamaholot Waibalun. Kewatek itu adalah Ata Lamaholot Waibalun. Kewatek adalah Atadiken (ata: manusia; diken: baik. Atadiken: manusia baik). Kewatek Atadiken Lamaholot Waibalun untuk Indonesia.

Kewatek Selempang yang dikalungi ini adalah Kewatek Selempang Waibalun karya Ibu Margaretha Larantukan dari Waibalun, Flores Timur, NTT. Ditenun diserambi rumahnya Waibalun – Flores. Ditenun selama satu minggu penuh. Benang diimpor, artinya bukan asli. Pewarna pun buatan, bukan alami. Alat tenunnya manual, buatan manusia bukan mesin. Motifnya dari dan khas Waibalun, berbunga dan bergaris.

Mama Margaretha menenun untuk menghidupi keluarganya: suaminya dan anak-anaknya. Mama Margaretha menenun sejak usia muda dan ketika menjadi seorang isteri dan kemudian menjadi seorang ibu. Mama Margaretha tidak berhenti tapi terus menenun hingga usia senja tanpa sang suami tercinta di samping, 60-an tahun kini untuk cucu-cucunya. Mama Margaretha masih dan ingin terus menenun, tapi tak seorangpun anak dan cucunya meneruskan jiwa serta terampil menenunnya. Aku bangga serentak sedih.

Tapi hari ini, minggu 27 Oktober 2019, dalam “Persamuhan Nasional 2019 Bakti Bangsa, di Tangerang – Banten, dalam gedung Marbella Hotel Anyer, Kewatek Selempang Mama Margaretha dikalungkan di hadapan manusia-manusia dari 34 Propinsi di Indonesia. Saya yakin tak seorangpun yang mengetahui, jika Kewatek itu karya Mama Margaretha yang ada dan dari Kampung Waibalun yang ‘Kecil tapi Besar’ itu. Hari ini Kewatek Selempang Mama Margaretha dihadiahkan, diserahterimakan, dikalungkan, disematkan, dipersembahkan untuk Pancasila dan bagi Indonesia.

Terima kasih Mama Margaretha Larantukan dari Waibalun, Flores Timur, NTT.
—–
#freedom #tamanbacahutan46 #waibalun #peristiwawaibalun #persamuhannasional2019 #gotongroyong @ Marbella Hotel, Convention & Spa, Anyer

Penulis : Karolus Banda Larantukan waibalun ,NTT




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *