Kondang Merak sebagai Kampung Kebudayaan Pesisiran di Malang Selatan

japung nusantara 1

dari kanan: Dr. Riyanto M.hum, Prof Maryeni, Ki Ardi, Bachtiar Djanan, Prof Djoko Saryono, Kapolsek Turen foto oleh Heri Mulyono

Para seniman dan budayawan dari berbagai daerah pada tanggal 30 Mei 2016 kemarin telah berkumpul di Kampung Pantai Kondang Merak. Acara ini atas swadaya masyarakat dengan jejaring akademisi, mulai dari Universitas Negeri Malang, Universitas Brawijaya dan Jaringan Kampung Nusantara.

Hadir dalam perhelatan tersebut antara lain Prof. Maryaeni dan Prof. Djoko Saryono dari Universitas Negeri Malang, Dr. Riyanto dari UBTV (Universitas Brawijaya TV), Trie Utami (Vokalis Krakatau Band Jakarta), Redy Eko Prasetyo penggagas Jaringan Kampung Nusantara, Dalang Ki Ardi Purbo Antono serta teman-teman dari Kampung Glintung Go Green dan Kampung Temenggungan Banyuwangi,Penari; Vicky Viko, Amala Rosidha, Evan Santana. Disamping itu juga turut hadir komunitas Fortuner, Komunitas Agus, dan Komunitas Scooterist

Dalam dialog malam itu, intinya lebih kepada saling berbagi ide bagaimana membangun pola pikir masyarakat melalui ruang berkebudayaan,diantaranya ekspresi seni,yang disinergikan dengan disiplin ilmu yang lain,sehingga peranan manusia nusantara yang ada di kampung di nusantara,mempunyai penguatan entitas dari tanah dan air Indonesia, yang tentunya,potensinya dimiliki oleh sumber daya manusia nya serta berikutnya alamnya. Sehingga tidak selalu tergantung pada alam semata, Karena alam hanya ruang saja,yang terpenting membangun manusianya agar lebih arif serta mampu survive dengan energi jangka panjang,tanpa harus mengeksploitasi alam sekitar.

Japung Nusantara dalam hal ini hanya sebagai fasilitator untuk manusianya, sehingga masyarakat kampung nusantara terutama yang berada di kawasan Kampung Pesisir Kondang Merak Kab. Malang,bisa mempunyai effort mandiri, berkelanjutan, tetap berbasis Budaya tanpa harus tergantung pada potensi alam,tapi justru menjadi penyeimbang Alam disana agar senantiasa harmoni.

reportase: Redy Eko Prastyo

Galeri Japung

foto oleh; Johanes Antok dan Heri Mulyono

link: InspirasiBangsa.com




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *