LAUNCHING  KETRO MART, DESA SOMOKETRO, KEC. SALAM, KAB. MAGELANG.

LAUNCHING  KETRO MART, DESA SOMOKETRO, KEC. SALAM, KAB. MAGELANG.

Sejalan dengan dikeluarkannya Permendes No 4 Tahun 2017 yang berisi tentang perubahan atas permendesa no 22 Tahun 2016. Perubahan ini menekankan pada penetapan prioritas penggunaan dana desa di mana salah satunya adalah diutamakan untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan yang bersifat lintas bidang. Dalam hal ini terutama bidang kegiatan BUMDesa atau BUMDesa Bersama, embung, produk unggulan Desa atau kawasan perdesaan dan sarana olahraga Desa. Maka pada tanggal 15 Februari 2017, Desa Somoketro, Kecamatan salam Kabupaten Magelang mendirikan sebuah BUMDes dengan nama “Ketro Mandiri Sejahtera”.

BUMDes “Ketro Mandiri Sejahtera” memiliki berbagai unit usaha di antaranya: PDAM Desa/ Air bersih, Bank sampah, Toko Desa, Persewaan dan Entertain, Pariwisata Desa, Peternakan, Perikanan, Jasa Konstruksi, Simpan Pinjam dan Perbankan Syariah.

Seiring berjalannya waktu, BUMDes “Ketro Mandiri Sejahtera” terus mengembangkan unit usahanya. Pada hari Jumat, 15 februari 2019 di-launching-lah KETRO MART, unit usaha di bidang Toko Desa. Launching KETRO MART diawali dengan sambutan Kepala Desa Somoketro Bapak Ahmad Khotim, diresmikan oleh Camat Salam Bapak Indriyanto, S.Sos. Acara ini dihadiri oleh anggota Komisi 5 DPR RI Bapak Ir. Sujadi, Wakil DPRD Kab Magelang Bapak  H. Drs Sunarno, Anggota DPR Bapak Budi Supriyanto dan Bapak Abdul Azis. Turut hadir dalam acara ini Kepala Desa Ngablak, Kecamatan Srumbung beserta para perangkatnya sebagai Desa Bersaudara (sister village) Desa Somoketro. Kades Ngadirejo, Kades Karanganyar, Kades Bigaran dan Kades Ngadiharjo dari Kecamatan Borobudur juga menghadiri acara ini.

Peresmia KETRO MART ini sangat meriah, diwarnai dengan berbagai hiburan. Dari pagi diawali dengan senam massal dan hiburan organ tunggal. Kemudian malam harinya pentas seni Kobro Sinar Mudo dari Desa Tanjung, Kecamatan Muntilan serta Jatilan Turonggo Mudho Budhoyo dari Desa Somoketro, Kecamatan Salam. Sebagai bentuk rasa syukur juga terdapat acara selamatan masal, yaitu makan bersama (Kembul bujana).

Sesuai slogannya “Bersama BUMDes Kita Perkuat Ekonomi Rakyat”, semoga BUMDes Somoketro semakin sukses dan membawa berkah bagi masyarakat. (L15)

#ManfaatDanadesa

#PendampingMagelang

#Desa Somoketro

#KecamatanSalam

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *