Tim Dekanat FFTV IKJ sonjo ke kampung-kampung di malang raya

JapungNusantara. pada tanggal 25 juni 2019 beberapa tim dari dekanat FFTV IKJ yang di pimpin oleh dekan FFTV IKJ Bapak Dr. R.B. Armantono. M.Sn mengadakan Sonjo ( kunjungan) ke kampung-kampung di malang raya diantaranya ke kampung polowijen,kampung tato gubuk baca jabung,serta kampung cempluk. Kedatangan mereka yaitu dalam rangka survey lokasi untuk keperluan kegiatan akademik yang ada di kampus IKJ.Dimana kegiatan ini sudah berlangsung beberapa tahun,tapi saat itu tujuannya hanya di Jogja dan solo saja. Untuk tahun ini Mereka kemudian mencoba untuk mencoba berkunjung ke daerah selain jogja dan solo yaitu ke arah timur tepatnya di Malang jawa timur. Awal mereka mencoba untuk browshing di Internet tentang apa dan bagaimana geliat budaya yang ada di kamapung-kampung serta desa di wilayah malang raya,setelah browsing, mereka menemukan portal ini www.japungnusantara.org. Sehingga salah satu staf dari FFTV yaitu bapak Hendri menghubungi salah satu pembakti kampung di malang yaitu Redy Eko Prastyo. Setelah menghubungi,kemudian schedule kunjungan direncanakan,bagaimana tim dari dekanat lebih mengenal serta pemetaan apa saja potensi sert geliat yang ada di kampung-kampung yg berjejaring di malang raya ini.

Program mereka bernama Studi Penghayatan Lingkungan yang diwajibkan pada mahasiswa baru. Harapannya dari program ini,mahasiswa akan lebih banyak mendapatan inspirasi dari ide ide yang berada di masyarakat kampung, sehingga mereka juga lebih dekat dengan proses kolaborasi bersama untuk melakukan sebuah pengkaryaan di ruang kampung tersebut. Dari sini mahasiswa diharapkan akan lebih kaya akan khasanah interaksi sosial di dalam masyarakat.

Menurut Dekan FFTV ini Dr. R.B. Armantono. M.Sn, Malang sangat menarik untuk ruang interaksi mahasiswanya,karena sangat terasa interaksi kreatif kampung kampungnya terutama paramudanya seperti di kampung tato serta geliat budaya yg ada di kampung cempluk dan polowijen. Ini menjadi Tantangan sendiri agar mahasiswanya bisa merespon ruang yg kaya geliat kreatif ini menjadi inspirasi mereka  dalam disiplin ilmunya kelak.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *