Apakah Rumah Pelangi itu?

foto anak-anak di rumah pelangi kampung,kampung babakan kali bedah Bekasi (foto : profil www.pelangibekasi.com )

Sebuah Kampung yang ada di kabupaten Bekasi, Kampung Ini bernama Kampung Babakan Kali bedah. Taman Bacaan Rumah Pelangi adalah media untuk mengeliatkan kampungnya yang di motori oleh para pembakti kampung muda disana, Rumah Pelangi mempunyai aktifitas yang bergerak di aspek edukasi berbasis komunitas masyarakat. Kegiatan ini mempunyai tujuan diantara nya:

Tujuan berdirinya Taman Bacaan Masyarakat Rumah Pelangi ini adalah;
1. Mengajak masyarakat untuk gemar membaca dan menulis agar bisa meningkatkan
    pengetahuan di berbagai bidangnya.
2. Membantu Proses belajar mengajar yang telah di laksanakan dalam proses
   pendidikan  formal  dalam mewujudkan pendidikan yang berkarakter
3. Meningkatkan ilmu pengetahuan, ketrampilan dan pengembangan karakter
   masyarakat pembelajar guna menghadapi perubahan zaman.
Dalam rangka ikut mencerdaskan kehidupan bangsa serta dalam usaha melestarikan program Pendidikan Non Formal salah satunya adalah melalui Taman Bacaan Masyarakat. Melalui budaya baca, masyarakat akan meningkat pengetahuannya, meningkat kesehatannya, meningkat tatanan ekonominya yang mana peningkatan tersebut akan mengurangi pengangguran dan kemiskinan.
Dengan membaca pula seseorang akan terbentuk kepribadiannya menjadi lebih baik. Kepribadian adalah pola menyeluruh semua kemampuan, perbuatan serta kebiasaan seseorang, baik yang jasmani, mental, rohani, emosional maupun sosial. Semua ini telah ditatanya dalam caranya yang khas, di bawah beraneka pengaruh dari luar. Pola ini terwujud dari tingkah lakunya dalam usahanya menjadi manusia sebagaimana dikehendakinya (Heuken,1989).

Mendidik kepribadian dapat dilakukan salah satunya melalui sarana berupa buku bacaan. Dengan membaca buku seseorang akan memiliki ilmu dan pengetahuan yang luas, dari situ ia dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk sehingga akan terbentuk pribadi yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Dalam hal ini, membaca dapat diartikan “membaca untuk hidup”, artinya membaca agar kita bisa hidup lebih baik, lebih arif, lebih mengerti ‘tabiat’ dunia (Widarso,1994).

Nah untuk mengetahui secara detail apa dan bagaimana geliat kampung ini,melalui Taman Bacaan Rumah Pelangi ini silahkan para sahabat kampung bisa berselancar di websitenya yaitu www.pelangibekasi.com

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *