BANTAYA Rumah Adat Sigi

Peresmian rumah adat atau kerap di sebut Bantaya oleh Bupati Sigi di Desa Sibalaya Utara kecamatan Tanambulava Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah pada Minggu, 29 Desember 2019.

Kegiatan peresmian ini dihadiri oleh beberapa stakeholder penting di Kabupaten Sigi, diantara nya dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sigi, Ibu Dahria yang dalam hal ini mewakili kepala dinas sosial Provinsi Sulawesi Tengah, Kesbangpol, Kepala dinas pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sigi, Pak Andi yang dalam hal ini mewakili Kapolsek Biromaru, Ketua Ketua Lembaga Adat Se-Kabupaten Sigi, Toko Masyarakat dan Karang taruna Sibalaya Utara.

Asnandar S.Kom selalu Ketua Forum Keserasian menyampaikan ucapan Terimakasih yang sebesar besarnya kepada pemerintah daerah kabupaten Sigi juga kepada Dinas sosial Provinsi dan Kementrian Sosial RI Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial yang telah memfasilitasi pengadaan Rumah Adat Ini. Ketua Forum itu pun sedikit menyampaikan rincian dana dari kegiatan ini dalam laporannya.

Ibu Dahria selaku kepala dinas sosial Provinsi dalam hal ini mewakili Kepala menyampaikan apresiasi nya terhadap hasil pengelolaan rumah adat dengan keindahan dan kerapiannya.
“Saya sangat mengapresiasi atas pengelolaan rumah adat ini, saya pun melihat ini lumayan rapi dan indah” Ujar Ibu Dahria sembari tersenyum.

Kepala dinas sosial Provinsi inipun menyampaikan harapan nya kepada Forum keserasian agar tetap menjaga nama baiknya bukan hanya pada saat pengerjaan rumah adat saja melainkan terus berkelanjutan termaksud perawatan nya.
“saya berharap kepada Ketua Forum keserasian agar dijaga semangat nya dan nama baik Forum nya bukan hanya sampai di pengerjaan rumah adat, melainkan sampai seterusnya dalam hal ini perawatan dan penjagaan nya, dan semoga akan ada bantuan-bantuan berikut nya lagi dari pemerintah daerah kabupaten Sigi” Tutup Ibu Dahria.

Mohammad Irwan, S.Sos.M.Si selaku Bupati kabupaten Sigi yang juga meresmikan kegiatan peresmian rumah adat ini menyampaikan harapannya agar tetap menjaga keserasian dalam bermasyarakat.
“Saya berharap dengan diresmikan nya Bantaya ini, kita tetap menjaga keserasian kita, karena ada tiga hal yang harus ada dalam masyarakat yakni Agama, Pemerintah dan Adat. Tiga hal ini harus bekerjasama terus dalam bermasyarakat” Tegas Bupati Sigi dalam sambutan nya.

Bupati Sigi pun menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat yakni Kementerian Sosial RI atas dukungan nya dalam kegiatan ini.

Usai sambutan Bupati Sigi, tirai yang digunakan menutup tugu keserasian dibuka dan prasasti nya di tandatangani oleh Bupati Sigi dan Kepala dinas Sosial Provinsi, kemudian Bupati Sigi memukul Gong sebanyak tiga kali tanda telah diresmikannya Bantaya atau rumah adat.

Kegiatan peresmian Bantaya ini pun dirangkaikan dengan kegiatan dialog tematik 2 dengan narasumber utama dari Dinas sosial Provinsi, Kapolsek Sigi Biromaru, Kepala Dinas kesbangpol Kabupaten Sigi juga dari Dinas Sosial Kabupaten Sigi yang mengusung tema “Keserasian Sosial Menjadi Wadah Pemersatu Warga Dalam Mencegah Konflik Sosial Di Desa Sibalaya Utara Kecamatan Tanambulava Kabupaten Sigi”.

Ovalpratama_




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *