Borobudur Writers and Cultural Festival (BWCF) Tahun 2023 digelar di Kota Malang Jawa Timur

Gaṇeśa, Seni Pertunjukan & Repatriasi Benda-Benda Purbakala Indonesia

Membaca Ulang Pemikiran Prof. Dr. Edi Sedyawati (1938-2022)

Borobudur Writers and Cultural Festival (BWCF) bekerjasama dengan Universitas Negri Malang (UM) dan Perhimpunan Ahli Arkeologi Indonesia (IAAI) Komda Jabodetabek

Edi Sedyawati, bekas Dirjen (Direktur Jendral) kebudayaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI periode 1993-1998 adalah sosok intelektual yang memiliki banyak dimensi. Beliau adalah seorang arkeolog yang mumpuni, seorang pengamat tari (dan juga penari) yang luas pengetahuannya akan karya tari baik tradisi dan modern serta seorang birokrat kebudayaan yang memiliki pengaruh sangat besar dalam kebijakan-kebijakannya. Di zaman Bu Edi, seni dan kebudayaan seolah menjadi roh, jiwa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.    

Edi Sedyawati wafat pada 22 November tahun lalu dalam usianya yang  ke 84 tahun. November tahun ini adalah setahun meninggalnya Bu Edi. Untuk memperingati setahun kepergian ibu Edi maka BWCF (Borobudur Writers and Cultural Festival) bermaksud menyelenggarakan sebuah festival yang merayakan pemikiran Edi Sedyawati. Sejumlah acara mulai dari pidato kebudayaan, launching buku, simposium, lecture, bazar  buku, workshop berkaitan dengan dunia arkeologi dan tari yang digeluti oleh Bu Edi, sampai pergelaran seni pertunjukan dan sastra akan dilaksanakan. 

BWCF adalah sebuah festival tahunan yang selalu berusaha menonjolkan relevansi  pemikiran-pemikiran mengenai nusantara dalam kehidupan. Dalam 12 tahun perjalanannya BWCF selalu mengangkat kajian-kajian serius tentang topik tertentu dalam khazanah nusantara. Selalu dalam setiap penyelenggaraanya BWCF mendatangkan puluhan pakar lintas disiplin dari arkeologi, sejarah, antropologi sampai filologi sampai peserta yang rata-rata para penulis milineal. Diharapkan dengan adanya forum ini, kekayaan pemikiran nusantara dapat terangkat kembali dan dikenali oleh khalayak luas termasuk generasi milineal.

KLIK DISINI LANJUTAN TULISAN : https://festival.borobudurwriters.id/gelaran-2023/

 




Leave a Reply

Your email address will not be published.