Reportase acara Launching Buku “Intelektual Kampung”

Gagasan “Intelektual Kampung” yang dikemukakan dalam buku
ini bermakna ilmu pengetahuan dipraksiskan pada tatanan
masyarakat terkecil yakni kampung. Kampung sebagai titik awal
peradaban dimulai penting dilihat sebagai subjek penting dalam
pemajuan kebudayaan. Namun, tantangannya hari-hari ini di tengah
arus globalisasi dan modernisasi, pemaknaan tentang kampung
mengalami pergeseran menjadi masyarakat yang ketinggalan zaman
dan dicap sebagai masyarakat kelas dua.

Malang, 10 Desember 2023 – Dalam upaya mendukung sinergi antara perguruan tinggi dan masyarakat, buku berjudul “Intelektual Kampung: Manifestasi Sinergitas Kampung Lingkar Kampus” karya Redy Eko Prastyo diluncurkan secara resmi pada hari Sabtu, 9 Desember 2023. Acara peluncuran buku ini diselenggarakan di Intrans Publishing, Jl. Joyosuko Metro No. 42, Kelurahan Merjosari, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, mulai pukul 19.00 hingga 22.00 WIB.

Dalam sambutannya, Redy Eko Prastyo, penulis buku “Intelektual Kampung,” menjelaskan bahwa karya tersebut bertujuan untuk merespons fenomena keterpisahan ilmu pengetahuan yang sering kali menjulang di perguruan tinggi namun tidak membumi di tengah masyarakat. Dengan menguraikan kesatuan ilmu pengetahuan dan praksisnya, buku ini diharapkan mampu menjadi panduan bagi civitas akademika dalam mengaktualisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Acara peluncuran buku dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk dosen, mahasiswa, tokoh masyarakat, dan peminat literasi. Redy Eko Prastyo juga memberikan pengantar mengenai konsepsi “intelektual kampung” sebagai perwujudan dari fungsi sosial seorang Pembakti Kampung (akademisi,paramuda, serta lintas disiplin, profesi) melalui gerakan sosial-budaya di kampung.

“Hari ini bukan hanya tentang peluncuran buku, tetapi juga sebuah momentum untuk merajut kembali hubungan erat antara perguruan tinggi dan masyarakat. Intelektual kampung adalah konsep yang mengajak kita untuk membawa ilmu pengetahuan lebih dekat dan bermanfaat bagi masyarakat,” kata Redy Eko Prastyo.

Acara diisi dengan sesi diskusi antara penulis dan peserta, di mana ide-ide segar dan solusi konstruktif dibagikan untuk mengatasi tantangan yang mungkin muncul dalam menjembatani kesenjangan antara ilmu pengetahuan akademis dan kebutuhan masyarakat.

Hadirin yang hadir dalam acara ini menunjukkan antusiasme tinggi terhadap upaya membangun sinergi yang lebih kuat antara perguruan tinggi dan masyarakat. Acara berlangsung dalam suasana penuh semangat dan harapan untuk masa depan yang lebih cerah dalam pendidikan tinggi Indonesia.

—————————————————————————————————————————————————————————–

Dapatkan bukunya, gratis, syaratnya gampang:
– follow IG @kalimetro
– follow IG @intranspublishing
– follow IG @redyekoprastyo
– follow IG kampung cempluk

Foto buku tsb dan post di akun sosmed anda. Berikan sepatah dua patah kalimat.. kesan anda ttg buku itu.

Mohon bapak/ibu mengisi form berikut ini (Klik Link dibawah) sebagai bahan penulisan literasi kampung ke depan.

FORM MENDAPATKAN BUKU INTELEKTUAL GRATIS

Silahkan mengisi Format Order dibawah ini^^

Nama :
No Telp :
Alamat :

Biaya Layanan dan Biaya Kirim Rp. 20.000

www.kalimetroshop.com

 

IG@redyekoprastyo
IG@intrans_publishing

@hysteria
@ika.ub
@universitasbrawijaya
@bpi_pelakubudaya
@bpi.ub
@awardee_bpi
@kemdikbud.ri
@budayasaya

LIVE STREAMING ACARA:

Apa Kata Mereka




Leave a Reply

Your email address will not be published.