Yayan Kololio (Musisi kampung) ,Pembakti Kampung sekaligus SEKDES Lolos Program LOKOVASIA

Kololio info – Yayan Kololio atau sapaan akrab dari Agung Cahyanto, lolos dalam seleksi pada Lokakarya Konservasi dan Inovasi Musik Tradisi Indonesia (Lokovasia) kategori musisi yang diselenggarakan oleh Direktorat Perfilman, Musik dan Media bekerja sama dengan Yayasan Musik SJ di Provinsi Bali mendatang. Yayan Kololio sebagai pembina sekaligus pendiri Lembaga Sanggar Seni Kololio dan Talusiswara sejak tahun 2012 silam (07/10/2023).

Lokovasia ini merupakan ruang untuk menghubungkan para ahli dalam membangun masa depan musik tradisi Indonesia. Dalam artian, Lokovasia sebagai wadah sinergi antara konservasi dan inovasi musik tradisi Indonesia yang hadir di panggung dialog dengan mengumpulkan para ahli, pakar, dan seniman yang berdedikasi terhadap pelestarian dan pengembangan warisan musik di Indonesia. Ini bukan sekadar ruang pertemuan, tetapi sebuah laboratorium gagasan dan kreativitas yang memungkinkan penciptaan, pertunjukan, pengarsipan, dan pengayaan literasi musik tradisi Nusantara.

Di dalamnya, komponis, musisi, grup musik, dan peneliti dari berbagai latar belakang budaya musik Indonesia bersatu. Tentu, tidak hanya bertukar ide, tetapi juga dipandu oleh mentor-mentor berpengalaman dari kalangan komponis, musisi, produser, dan akademisi nasional dan internasional yang terkemuka. Lokovasia bertujuan menjadi pendorong utama dalam menghasilkan gagasan-gagasan baru dan langkah-langkah inovatif untuk menghidupkan kembali, mempertunjukkan, dan meningkatkan pemahaman tentang musik tradisi Indonesia yang kaya ragam.

Hal Ini menjadi satu kesyukuran, baik itu bagi Lembaga Sanggar Seni Kololio maupun musisi dan seniman yang ada di Sulawesi Tengah; secara khusus di Kabupaten Sigi.

.NS.Saputra 07, 10, 2023




Leave a Reply

Your email address will not be published.